Kamis, 19 Mei 2016

Cara Mengganti Pentil Atau Dop di Ban Tubeless yang Benar

Pentil atau dop (air valve) pada ban berfungsi sebagai sumbat udara atau air check valve. Cara kerja pentil atau dop ban adalah sumbat udara tersebut akan membuka ketika mendapatkan tekanan udara dari luar dan otomatis akan menutup ketika tekanannya dilepas. Sedangkan konstruksi pentil pada ban tubeless sendiri dapat dilihat di gambar berikut ini:


Penggantian pentil pada ban tubeless biasanya dilakukan jika ada kebocoran udara pada dasar pentil, jika terjadi demikian maka diperlukan penggantian pentil karena tidak bisa ditambal. Sedangkan jika kebocorannya terjadi pada permukaan ban maka masih bisa ditambal asalkan paku atau benda lancip yang menusuk ban tubeless tersebut tidak membuat permukaan ban tubeless robek. Untuk cara menambal ban tubeless sendiri sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah asal memiliki peralatannya, sobat dapat membaca artikel tentang cara tambal ban tubeless yang bagus sebagai panduan untuk menambal ban tubeless.


Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika kebocoran terjadi di dasar pentil maka mau tidak mau kita harus mengganti pentil atau dop ban tubeless. Penggantian dop atau pentil ban tubeless sangat mudah dilakukan dengan menggunakan SST (special service tool) yaitu berupa sebuah pengungkit. Gambar cara mengganti pentil ban tubeless dengan alat pengungkit dapat sobat lihat pada gambar berikut ini:


Prosedur Mengganti Pentil atau Dop Ban Tubeless

Untuk prosedur atau cara penggantian pentil ban tubeless adalah sebagai berkut ini:
  • Langkah pertama adalah lepaskan ban dari peleknya, bagi yang bingung bagaimana cara melepas ban dari pelek terutama untuk ban mobil, sobat dapat membaca artikel tentang cara melepas dan memasang ban dalam dan ban luar mobil.
  • Setelah ban terlepas dari peleknya, kemudian lepaskan pentil atau dop dari pelek dengan cara menarik dari arah bagian dalam pelek dengan menggunakan tang.
  • Bersihkan area lubang bekas dop atau pentil tadi di bagian dalam atau luar dari pelek, dan untuk hasil yang maksimal bersihkan dengan air bersih.
  • Keringkan area sekitar lubang bekas pentil tadi kemudian oleskan vaselin secukupnya pada lubang pentil.
  • Lalu pasang pentil atau dop uang baru di lubang pentil pada pelek dengan cara memasukkan pentil dari sisi dalam pelek ke arah luar pelek, jangan terbalik.
  • Pakailah SST untuk menekan dop atau pentil tersebut sampai pentil terpasang sempurna pada pelek.
  • Setelah pentul terpasang, langkah berikutnya pasang kmbali ban tubeless pada peleknya, kemudian pompa ban tubeless dengan kompresor atau alat pompa manual, isilah angin atau udara sesuai dengan tekanan yang dianjurkan (spesifikasi). Silahkan lihat pada kode ban tubeless.
  • Setelah ban terpasang pada pelek dan diisi angin/udara, periksa kembali ban pelek dari kebocoran terutama pada bagian pentil dengan cara memasukkan roda tersebut ke dalam bak berisi air. Jika tidak muncul gelembung udara maka proses penggantian pentil atau dop ban pelek berhasil.
Demikianlah prosedur atau cara mengganti pentil atau dop di ban tubeless yang benar, semoga bermanfaat. Apakah sobat terbantu dengan artikel ini? Yuk dishare..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar