Rabu, 18 Mei 2016

Cara Tambal Ban Tubeless yang Bagus, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Apa itu ban tubeless? Ban tubeless adalah ban yang tidak menggunakan ban dalam. Jika pada ban biasa pasti ada ban dalam yang berfungsi untuk menahan udara di dalam ban. Sedangkan pada ban tubeless udaranya di tahan oleh suatu lapisan yang ada di dalam ban, yaitu lapisan karet yang kedap udara. Dan oleh karena itu ban tubeless tidak lagi memerlukan ban dalam, baik ban tubeless motor maupun ban tubeless mobil. Walaupun ban tubeless tidak ada ban dalamnya namun tetap menggunakan pentil (air valve), yang mana pentil tersebut langsung dipasang pada pelek roda.

            Ban tubeless terkenal tahan dengan tusukan paku, jika ada tusukan paku atau benda lainnya, maka tidak langsung kempes seperti ban umumnya, hal ini karena adanya suatu lapisan karet tadi yang ada di dalam ban. Itulah yang membuat harga ban tubeless juga lebih mahal dari pada ban biasa. Namun walaupun tahan terhadap tusukan paku atau benda lancip lainnya, bukan berarti ban tetap aman digunakan, lama kelamaan ban akan tetap kempes, oleh karena harus dilakukan perbaikan yaitu dengan cara menambal atau tambal ban tubeless, cara menambal ban tubeless sebenarnya tidak sulit-sulit amat dan sobat dapat menambal ban tubeless sendiri di rumah. Kemudian selama tusukan dari paku atau benda runcing lainnya tidak merobek permukaan ban tubeless atau membuat sobek ban tubeless, maka ban tubeless tersebut masih dapat diperbaiki. Nah bagaimana cara tambal ban tubeless yang bagus? Berikut ini akan Guru Otomotif bahas, dan sobat bisa tambal ban tubeless sendiri di rumah, karena caranya sangat mudah.

Cara atau Prosedur Tambal Ban Tubeless

            Menambal ban tubeless juga harus memperhatikan prosedur yang ada dan tidak boleh asal menambal seperti ban pada umumnya, jika menambal ban biasa mungkin sobat sudah paham, bagi yang belum silahkan baca artikel tentang cara tambal ban kendaraan yang benar. Sedangkan untuk cara menambal ban tubeless silahkan ikuti panduannya berikut ini:


  • Langkah pertama adalah kendurkan baut-baut roda untuk melepas roda dari kendaraan. dan perhatikan baut-bautnya agar tidak salah pasang ketika nanti memasang roda kembali.
  • Bersihkan semua permukaan ban tubeless, lebih baik menyemprotnya dengan air agar benar-benar bersih.
  • Periksa ban tubeless secara visual terlebih dahulu apakah ada paku atau benda lancip lainnya yang menancap di ban tubeless.
  • Setelah menemukan benda yang menancap pada ban tubeless, segera lepas atau cabut benda tersebut menggunakan tang.
  • Langkah berikutnya adalah siapkan peralatan tambal ban tubeless yaitu alat suntikan dan penusuk.
  • Letakkan tabung kompon (compound tube) di alat suntikan tersebut.
  • Lalu tusukkan ujung suntikan di bagian permukaan ban yang berlubang tadi.
  • Tekan tabung kompon agar kompon keluar mengisi bagian permukaan ban yang berlubang atau bocor.
  • Jika sudah cukup, tarik suntikan kompon dari ban tubeless.
  • Kompon tidak langsung kering, oleh karena itu tunggu hingga kompon mengering dan menyatu pada carcass ban luar.
  • Setelah kering, agar hasil tambalan bagus, rapikan bekas tambalan tadi dengan pisau untuk meratakannnya, dan lakukan dengan hati-hati.

  • Pompa kembali ban tubeless dengan kompresor jika ada atau pompa manual yang bikin capek, dan sesuaikan ukuran tekanan ban dengan spesifikasi dari ban tersebut. Silahkan lihat artikel tentang tips memilih ban luar dan ban dalam, disana ada penjelasan tentang ukuran tekanan ban sesuai spesifikasi ban. 
  • Setelah diisi angin atau udara, cek lagi ban tubeless tersebut apakah masih ada kebocoran atau tidak dengan cara memasukkan roda ke dalam bak berisi air. Jika tidak ada gelembung-gelembung maka proses penambalan telah berhasil.
  • Langkah terakhir adalah pasang kembali roda pada kendaraan.
            Itulah cara menambal ban tubeless yang bagus dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Semoga dengan tips ini dapat membantu sobat yang hendak menambal ban tubeless di motor maupun ban tubeless mobil. Yuk disebarkan. Salam Otomotif!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar