Minggu, 20 November 2016

Teknologi Toyota Terbaru, Generator Piston Tanpa Crankshaft

Teknologi Toyota Terbaru, Generator Piston Tanpa Crankshaft – Perkembangan teknologi terus mengalami kemajuan, berbagai riset dilakukan demi menghasilkan teknologi yang kian mutakhir. Dan baru-baru ini sebuah tim di laboratorium pusat penelitian dan pengembangan teknologi Toyota mengembangkan prototipe mesin generator dengan piston bebas dan model silinder linear, mesin generator tersebut diberi nama Free Piston Engine Linear Generator (FPEG). Uniknya lagi teknologi ini juga tanpa crankshaft alias tidak menggunakan poros crank. Kita terbiasa memiliki gambaran bahwa setiap ada piston pasti ada crankshaft yang berguna untuk mengubah gerak naik turun piston menjadi getak putar, namun teknologi generator piston ini tidak menggunakan crankshaft ataupun poros crank.

Teknologi generator piston tanpa poros crank ini memiliki bentuk yang ramping dan dibangun dengan strutur yang padat, memiiki efisiensi tinggi dan hemat bahan bakar yang tinggi. Toyota membayangkan bahwa sepasang unit teknologi generator piston tersebut (dengan daya 20 kW) akan mampu mengaktifkan bagian B / C  mesin kendaraan listrik untuk melaju pada kecepatan 120 km / jam (atau 75 mph). Tim riset teknologi tersebut menyajikan dua makalah tentang keadaan pekerjaan mereka baru-baru ini pada SAE 2014 World Congress di Detroit.

Teknologi Generator Piston Tanpa Crankshaft Buatan Toyota

Generator piston dengan tanpa crankshaft atau teknologi FPEG tersebut terdiri dari ruang pembakaran bermodel dua-stroke atau dua langkah, generator linier dan ruang semi gas. Piston digerakkan oleh gas pembakaran, sedangkan magnet yang melekat pada piston bergerak dalam kumparan linear, sehingga mengubah energi kinetik (gerak bolak-balik piston) menjadi energi listrik. Fitur yang paling utama dari teknologi Toyota FPEG ini adalah langkah melingkar dan piston berbentuk lubang, yang mana tim pengembang teknologi tersebut menyebutnya  "Bentuk W". Pada bagian yang lebih kecil, diameter piston adalah sama dengan ruang bakar, dan pada bagian yang lebih besar-diameter merupakan ruang semi gas.


Untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut ini tentang teknologi generator dengan piston tanpa crankshaft buatan Toyota. Dan demikianlah artikel tentang Teknologi Toyota Terbaru, Generator Piston Tanpa Crankshaft. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar